Buku Seri Kuliah Online Mekanika Kuantum


Foto diambil dari matematika252.blogspot.com

Banyak orang yang menganggap bahwa belajar fisika itu sulit, bahkan mahasiswa fisika sendiri pun mengamini pernyataan ini dan mereka mengira bahwa mereka terjebak ke dalam jurusan yang mereka ambil (jurusan fisika). Pernyataan yang menganggap bahwa belajar fisika kalau kita telan mentah-mentah memang benar. Adanya kesulitan dalam memahami tersebut bisa jadi disebabkan karena bahasa yang digunakan oleh pada pengajar terlalu tinggi sehingga susah ditangkap oleh peserta didik mengenai apa yang dimaksudkan oleh pengajar. Penyebab lain  dikarenakan kurang adanya buku-buku pustaka yang bisa digunakan untuk bahan belajar, walaupun ada mungkin masih dalam bahasa asing  (bahasa Inggris misalnya), di mana bagi sebagian mahasiswa masih belum terbiasa untuk membaca atau memahami tulisan dalam bahasa asing . Sehingga keadaan ini menjadikan proses pembelajaran fisika yang awalnya sulit menjadi sulit kuadrat (apa ini istilah sulit kuadrat, apakah kalian tahu artinya? Sulit yang sangat sulit, ya begitulah artinya). Tetapi sebenarnya kesulitan tersebut bukanlah tidak mungkin untuk kita buat menjadi mudah dan menarik untuk dipelajari.

Karena permasalahan itulah, kami mencoba untuk memberikan sedikit kuliah mengenai mekanika kuantum dalam bahasa Indonesia. Dalam tabel di bawah ini ditunjukkan materi-materi yang akan kita pelajari. kalian bisa meng”klik” materi yang kalian inginkan atau mengunduh materi tersebut secara gratis. Materi tersebut boleh kalian perbanyak untuk diberikan kepada yang lain asalkan mencantumkan sumber materi tersebut. Namun, ada beberapa materi yang belum selesai kami tuliskan dalam blog ini sehingga kalian tidak bisa mengaksesnya. Tetapi kami berusaha untuk menyelesaikan materi ini, dukungan kalian sangat kami perlukan demi terselesainya materi mekanika kuantum ini.

Teori


1. Fungsi Gelombang (Pandangan Kuantum)



unduh


1.1. Persamaan Schroedinger unduh
1.2. Interpretasi Statistik unduh
1.3. Probabilitas unduh
1.4. Normalisasi unduh
1.5. Momentum unduh
1.6. Prinsip Ketidakpastian unduh

2. Persamaan Schroedinger Tidak Bergantung Waktu



unduh


2.1. Keadaan Stasioner unduh
2.2. Sumur Potensial Tak Berhingga unduh
2.3. Osilator Harmonik unduh
2.4. Partikel Bebas unduh
2.5. Potensial Fungsi Delta unduh
2.6. Sumur Potensial Berhingga unduh
2.7. Matriks Hamburan unduh

3. Perumusan Matematis



unduh


3.1. Aljabar Linier unduh
3.2. Ruang Fungsi unduh
3.3. Perluasan Interpretasi statistik unduh
3.4. Prinsip ketidakpastian unduh

4. Persamaan Schroedinger dalam Dimensi Tiga



unduh


4.1. Persamaan Schroedinger dalam Koordinat Bola unduh
4.2. Atom Hidrogen unduh
4.3. Momentum Anguler unduh
4.4. Spin unduh

5. Partikel Identik



unduh


5.1. Sistem Dua Partikel unduh
5.2. Atom unduh
5.3. Padatan unduh
5.4. Mekanika Statistik Kuantum unduh

About Dedy Kurniawan Setyoko

saya adalah lulusan fisika universitas airlangga, karena saya adalah seorang fisikawan, tentunya saya sangat menyukai dunia fisika. Dalam blog ini saya akan mengutarakan semua ide-ide saya. View all posts by Dedy Kurniawan Setyoko

14 responses to “Buku Seri Kuliah Online Mekanika Kuantum

Leave a comment