Mendengar, salah Satu Cara Belajar Al-qur’an


Assalamualaikum wr. wb.

Para pembaca yang dirahmati oleh Allah SWT,

Alhamdulillah kita masih bisa berada disini, membaca artikel-artikel ini, menuntut ilmu seperti apa yang diperintahkan oleh nabi kita Rasululullah SAW. Membaca adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan kita, karena membaca adalah salah satu sumber dari ilmu. Begitu pun halnya dengan mambaca Al qur’an, apalagi sampai dengan memahami maknanya, dan mengamalkan apa yang ada di dalamnya, subhanallah.

Para pembaca yang berbahagia,

Dalam membaca al qur’an harus sesuai dengan ilmu membaca al qur’an, yang sering disebut dengan ilmu Tajwid. Di dalam tajwid tersebut dijelaskan aturan-aturan membaca al qur’an, mulai dari panjang pendek-harokat, letak berhenti dalam kalimat, dan yang lainnya. Nah misalnya bacaan ikfa yang harus dibaca dengung ketika nun sukun atau tanwin bertemu dengan huruf -huruf ikfa, mungkin kita akan bingung ataupun belum mengerti bagaimana cara membaca dengan suara dengung yang benar itu. Cara paling konvensional dan saya rasa paling aman adalah belajar langsung dari ahlinya, dalah hal ini kita bisa belajar di Pesantren misalnya. tetapi bagaimana jika kita tidak ada waktu untuk belajar di pesantren?

Para pembaca yang budiman.

Saya punya pengalaman, yang mungkin bisa berguna bagi para pembaca yang budiman, apabila kita tidak punya waktu untuk belajar membaca langsung dari ahlinya, misalnya dengan belajar di pesantren. Kita bisa belajar membaca Al qur’an dengan cara membeli buku-buku tajwid yang banyak djual di toko buku (tentunya harus punya dasar membaca Al qur’an telebih dahulu, misalnya sudah pernah baca iqro’ jilid I sampai VI), setelah kita memahami semua aturan dalam membaca Al qur’an dalam kitab tajwid tersebut, ada baiknya kalau kita juga mendengarkan ahli membaca Al qur’an, sehingga kita bisa meniru bagaimana melafadzkan bacaan-bacaan dalam Al qur’an.

Para pembaca yang saya hormati.

Di bawah ini saya sediakan file-file mp3, berupa bacaan surat-surat di dalam Al qur’an mulai dari surat Al Fatihah hingga surat An Naas, oleh Syeikh Mahmood Khalil Al-Husary, tetapi mungkin akan saya bagikan bertahap, berhubung harus meluangkan waktu untuk upload file-filenya. Tetapi mungkin akan saya berikan bertahap. mohon para pembaca sabar menunggu.

file file tersebut bisa di download di sini


Para pembaca yang setia.

Saya mohon maaf apabila ada salah kata ataupun metode dalam belajar Al qur’an, saya hanyalah manusia biasa dengan keilmuan islam yang pas-pasan, yang mencoba belajar bagaimana membaca Al qur’an yang baik dan benar. Untuk itu saya sangat memerlukan saran dan kritik dari para pembaca semua.Atas perhatian para pembaca sekalian saya ucapkan terimakasih.

wassalamualaikum wr. wb.

About Dedy Kurniawan Setyoko

saya adalah lulusan fisika universitas airlangga, karena saya adalah seorang fisikawan, tentunya saya sangat menyukai dunia fisika. Dalam blog ini saya akan mengutarakan semua ide-ide saya. View all posts by Dedy Kurniawan Setyoko

8 responses to “Mendengar, salah Satu Cara Belajar Al-qur’an

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: