Teknologi Bantalan Karet Tahan Gempa


Penggunaaan Bantalan karet alam untuk melindungi bangunan terhadap gempa bumi, yang dikenal sebagi base isolation tampaknya akan semakin luas dan berkembang dimasa mendatang. Indonesia sebagai salah satu negara yang rawan gempa diperlu teknologi pembuatan bantalan tahan gempa.

Musibah gempa besar hampir selalu meninggalkan kerusakan infrastruktur bangunan yang tidak kecil. Untuk mengantisipasi kerusakan parah terhadap fisik bangunan di daerah rawan gempa bumi, Badan Litbang Pertanian melalui Balai Penelitian Teknologi Karet Bogor yang dikoordinasikan Lembaga Riset Perkebunan Indonesia (LRPI ), telah melakukan uji coba teknologi bantalan karet tahan gempa (seismic bearing) terhadap bangunan berlantai IV di Pelabuhan Ratu. Penggunaan bantalan dari lempengan karet alam dan lempengan baja tersebut dapat mengurangi reaksi getaran horizontal sampai 70%.

Balai Penelitian Teknologi karet Bogor sebagai Balai Penelitian mempunyai teknologi pembuatan bantalan tahan gempa yang digunakan untuk rumah tinggal maupun maupun gedung bertingkat. Bantalan yang digunakan untuk melindungi gempa bumi dibuat dari kombinasi lempengan karet alam dan lempeng baja. Bantalan tersebut dipasang disetiap kolom yaitu diantara pondasi dan bangunan. Karet alam berfungsi untuk mengurangi getaran akibat gempa bumi sedangkan lempeng baja digunakan untuk menambah kekakuan bantalan karet sehingga penurunan bangunan saat bertumpu diatas bantalan karet tidak besar.

Bantalan karet alam tersebut dapat mengurangi daya reaksi, karena secara alami karet alam memiliki sifat fleksibilitas dan menyerap energi. Penggunaan bantalan karet alam untuk melindungi bangunan terhadap gempa bumi.

Prinsip Kerja

Pengaruh gempa bumi yang sangat merusak struktur bangunan adalah komponen getaran karet horizontal. Getaran tersebut dapat menimbulkan gaya reaksi yang besar, bahkan pada puncak bangunan dapat berlipat hingga mendekati dua kalinya. Oleh sebab itu apabila gaya yang sampai pada bangunan tersebut lebih besar dari kekuatan struktur maka bangunan tersebut akan rusak. Gaya reaksi yang sampai bangunan dapat dikurangi melalui penggunaan bantalan karet tahan gempa. Pada dasarnya cara perlindungan bangunan oleh bantalan karet tahan gempa dicapai melalui pengurangan getaran gempa bumi kearah horizontal dan memungkinkan bangunan untuk begerak bebas saat berlangusung gempa bumi tanpa tertahan oleh pondasi. Bantalan karet alam tersebut dapat mengurangi daya reaksi hingga 70%, karena secara alami karet alam memiliki sifat fleksibilitas dan menyerap energi .

Hasil Uji sifat fisik dari Bantalan Karet Tahan Gempa BPTK Bogor

Sifat bahan Hasil uji bahan tipe a Hasil uji bahan tipe b
Hardness, Shore A 63
66
Tensile strenght, kg/cm2 242
262
Modulus 100%, kg/cm2 32
36
Modulus 300%, kg/cm2 132
129
Elongation at Break, % 500
510
Tear strenght, kN/m 71,8
71,8
Compression set 25%, at 70 ° C, 22 hrs, % 20,81
20,81
Ozone resistance 25 pphm, 20% strain, at 40 ° C, 72 hrs No cracks
No Cracks

Keterangan :
a = Uji Langsung
b = Uji setelah pengusangan pada 70 ° C, 168 jam

Beberapa Dokumentasi Hasil Penelitian

  1. Bangunan tanpa bantalan karet
  2. Bangunan dengan bantalan karet
  3. Uji tekan geser
  4. Uji tekan Vertikal
  5. Bagunan tahan gempa berlantai 4
  6. Posisi bantalan karet

sumber: http://netsains.com/

About Dedy Kurniawan Setyoko

saya adalah lulusan fisika universitas airlangga, karena saya adalah seorang fisikawan, tentunya saya sangat menyukai dunia fisika. Dalam blog ini saya akan mengutarakan semua ide-ide saya. View all posts by Dedy Kurniawan Setyoko

5 responses to “Teknologi Bantalan Karet Tahan Gempa

  • richocean

    luar biasa …. informatif sekali ….
    semoga banyak yang baca …..

    sudah berapa tahun dicobanya? perlu dicoba juga di daerah rawan gempa lainnya?

    apakah ini asli temuan indonesia atau adopsi dari jepang?

    boleh beri bocoran jadi harga biaya rumah naik jadi berapa dar harga normal? 1.5x atau 2x atau berapa ….

    saya izin copy alamatnya utk bantu sharing info yg sangat bermanfaat tsb …

    ijin sharing
    jika berkenan, silahkan ke blog saya terkait 3x gempa 4 November 2009 di PNG, Taiwan, Philipina. Akankah terjadi gempa di Sulawesi / Maluku? BENAR !!!
    atau blog saya lainnya
    Richmountain

    salam …😆

    • dedy kurniawan setyoko

      Salam buat mas richo.

      Sebelumnya saya ucapkan terima kasih telah sudi mampir di blog saya (https://kurniafisika.wordpress.com), dan blognya mas richo (http://richmountain.wordpress.com/) juga wah luar biasa bagusnya, menyajikan informasi-informasi yang aktual mengenai gempa dan juga mengenai keindahan alam, fauna dan floranya. Semoga bisa bermanfaat bagi setiap orang yang membacanya.

      Artikel saya yang berjudul Teknologi Bantalan Karet Tahan Gempa saya dapat dari http://netsains.com/ dengan sumbernya dari http://www.litbang.deptan.go.id/. Di dalam artikel tersebut hanya disajikan begitu saja, tanpa informasi yang lebih dalam lagi mengenai bagaimanapenelitiannya, sudah berapa lama pelaksanaan penelitian, maupun harga rumah tahan gempa tersebut. Jadi saya mohon maaf apabila saya tidak bisa menjawab pertanyaan mas Richo, tetapi saya juga akan berusaha mencari informasi yang terkait dengan penelitian tersebut. Apabila nanti saya sudah dapat informasinya, pasti saya akan bertahukan kepada mas Richo, tetapi apabila mas richo juga punya informasi, tolong saya juga di kasih tahu. hehehehe…

      Mungkin cukup di sini dulu komentar dari saya untuk mas Richo.

      Maju terus Indonesia..

  • Pancasatya Agastra

    Info yang bagus! Good job untuk posting ini! Saya sendiri bergelut dalam riset fiberglass/polymer composite material. Silahkan kunjungi website grup riset saya. Saling berbagi informasi untuk memajukan kehidupan manusia!

  • astrie

    saya tertarik sekali dengan berita ini Pak..
    Kebetulan saya juga sedang dalam proses pengerjaan tugas akhir yang membahas tentang dynamic absorber sebagai kontrol vibrasi pada bangunan akibat pengaruuh gempa bumi.

    Mungkin Bapak Dedy bisa bantu saya dalam hal data2 bangunan di pelabuhan Ratu ini?

    terima kasih atas atensinya pak.

  • Gada Bina Usaha

    Salam Kenal.kami Suplier untuk Elastomer Bearing Pads-Bantalan karet Jembatan.sudi mampir ke blog kami.Sukses

Leave a Reply

