Gambaran umum mengenai Fisika Kuantum


download artikel lengkap

Kali ini artikel disajikan dalam bentuk tanya jawab, di mana paragraf pertama berupa pertanyaan yang kemudian dijawab pada paragraf berikutnya dan akan berulang. Pertanyaan ditulis dalam bentuk huruf tebal berwarna hitam sedangkan jawaban ditulis dalam format tulisan berwarna hijau. Semoga artikel ini dapat menambah pengatahuan kita. Berikut ini adalah seputar pertanyaan yang berhubungan dengan fisika kuantum

Apa itu Fisika kuantum?

“Fisika kuantum adalah ilmu yang mempelajari kelakuan materi dan energi pada skala molekul, atom, inti, dan bahkan pada level mikroskopik lainnya yang lebih kecil. Pada awal abad ke-20, telah ditemukan fakta bahwa hukum-hukum yang mengatur benda-beda makroskopik tidak berlaku yang sama pada skala mikroskopik.”

Apa artinya kuantum?

“Kuantum” atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama “Quantum” berasal dari bahasa latin yang berarti “seberapa banyak.” Hal ini didasarkan pada satuan-satuan diskret dari materi dan energi yang diprediksi dan diamati oleh fisika kuantum. Bahkan ruang dan waktu, yang lebih dekat kepada kontinu, memiliki kemungkinan diskret.

Siapa yang mengembangkan Mekanika Kantum?

Kelahiran fisika kuantum tak lepas dari kontribusi Max Plank dalam makalah ilmiahnya radiasi benda hitam pada tahun 1900. Pengembangan dari teori medan telah dilakuakan oleh Max Plank, Einstein, Niles Bohr, Warner Heissenberg, Erwin Schrodinger, dan banyak ilmuwan lainnya. Tetapi ironisnya, Albert Einstein dengan serius untuk membuat teori baru  yang brelawanan dengan mekanika kuantum dan mencobanya selama bertahun-tahun untuk menyangkal ataupun memodifikasi mekanika kuantum.

Apa yang istimewa mengenai Mekanika Kuantum?

Kenyataannya fisika kuantum hanya mengamati gejala-gejala fisika dalam ruang lingkup mikroskopik. Gelomabang cahaya dapat berperilaku seperti pertikel dan pertikel dapat berperilaku seperti gelombang (yang dinamakan dualisme gelombang partikel). Materi dapat berpindah tempat dari satu titik ke titik lainnya yang bergerak tanpa melewati suatu perpindahan ruang (dinamakan Kuantum Tunelling), sebuah informasi yang bergerak dengan instan melewati jarak yang sangat jauh. Faktanya, mekanika kuatum mencakup semua gejala yang terjadi di alam semesta ini, dan biasanya berhubungan dengan probabilitas.

Apa itu Optika Kuantum?

Optika kuantum adalah cabang dari fisika kuantum yang memfokuskan penelitiannya yang berhubungan dengan kelakuan cahaya, ataupun foton. Pada level optika kuantum,  tingkah laku sebuah foton dapat beranak pinak dalam menghasilkan cahaya, hal ini sangat bertentangan dengan optika klasik yang dikembangankan oleh Sir Isaac Newton. Laser adalah salah satu contoh aplikasi yang dihasilkan dari penelitian optika kuantum.

Kuantum elektrodinamik (Quantum Electrodynamics (QED))

Kuantum elektrodinamik adalah ilmu yang mempelajari bagaimana elektron dan foton berinteraksi. Ini telah dikembangkan oleh Richard Feynmann, Julian Schinger, Sinitro Tomonage, dan beberapa ilmuwan lainnya pada akhir tahun 1940-an. Prediksi dari kuantum elektrodinamik ini adalah mengenai hamburan foton dan elektron hingga sembilan angka desimal.

Teori Kesatuan Medan?

Kesatuan teori medan adalah kumpulan dari penelitian terpisah yang mencoba untuk mencocokkannya dengan mekanika kuantum khususnya dengan teori Einstein mengenai relatifitas umum, dan biasanya penyatuan ini berhubungan dengan 4 gaya fundamental dalam fisika (gaya listrik, gaya kuat, gaya lemah, gaya gravitasi). Beberapa jenis teori kesatuan iantara lain:

  • Kuantum Gravity.
  • Teori String/ Teori superstring/M-teori
  • Grand Unified Teori
  • Loop Quantum Gravity
  • Teori segala sesuatu
  • Supersimetri

Nama Lain

Fisika kuantum seringkali disebut dengan istilah mekanika kuantum atau teori medan kuantum. Masing-masing juga memiliki cabang seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, yang sering kali dapat ditukar namanya dengan fisika kuantum, tetapi fisika kuantum adalah bentuk yang paling utama dari semua disiplin ilmu di atas.

Ilmuwan yang paling berperan dalam fisika kuantum?

  • Niels Bohr
  • Richard Feynmann
  • Albert Einstein

Bebarapa eksperimen, penemuan, dan penjelasan  yang memiliki peran besar dalam perkembangan fisika kuantum?

  • Awal awal penemuan
    • Radiasi Benda Hitam
    • Efek Fotolistrik
  • Dualisme Gelombang Partikel
    • Eksperimen Celah Ganda young
    • Hipotesis de Broglie
  • Efek Compton
  • Ide dan interpretasi penelitian
    • Interpretasi Copenhagen
    • Schrodinger’s cat

download artikel lengkap

sumber: http://physics.about.com

About Dedy Kurniawan Setyoko

saya adalah lulusan fisika universitas airlangga, karena saya adalah seorang fisikawan, tentunya saya sangat menyukai dunia fisika. Dalam blog ini saya akan mengutarakan semua ide-ide saya. View all posts by Dedy Kurniawan Setyoko

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: